banner 728x90

HTI, ormas atau partai politik?

banner 468x60

Simbol dan Bendera HTI

PenaIslami, Salah satu ormas Islam yang bernama HTI (Hizbut Tahrir) beberapa waktu lalu melakukan keberatan atas pembubarannya. Hal ini di proses oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dalam pelaporan ini, beberapa saksi ahli di mintai keterangan untuk penyelesaian ini.

Pada kesempatan ini, kita akan berkenalan dengan apa itu HTI berdasarkan oleh tulisan Ahmad Ngisomudin, M.Aq (KH. Ahmad Ishomuddin) pada tulisan nya yang berjudul “Gerakan Politik HTI Berbalut Dakwah Menuju Khilafah Islamiyah”.

Hizbut Tahrir sendiri pada tulisan itu disebutkan berasal dari bahasa Arab yang disusun dalam bentuk al-idlafah, hizb sebagai mudlaf (kata yang disandari) yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai partai, dan al-tahrir sebagai mudlaf ilaihi (kata yang bersandar kepada mudlaf yang berarti pembebasan. Kedua kata tersebut jika disatukan maka dapat dipahami sebagai Partai (untuk) Pembebasan.

Tentunya dari definisi ini saja sudah dapat di jelaskan bahwa hizbut tahrir merupakan partai yang di bentuk guna melakukan pembebasan. Yang jadi pertanyaan adalah pembebasan untuk apa dan untuk siapa? Kemudian pertanyaan selanjutnya, jika HTI merupakan kependekan dari Hizbut Tahrir Indonesia. Apakah ini berarti HTI merupakan sebuah partai politik atau ormas yang selama ini kita tahu? Atau sekedar ormas yang menggunakan nama atau simbol sebuah partai?

Untuk hal ini, KH. Ahmad Ishomuddin mencuplik definisi hizbut tahrir dari buku berjudul Hizb al-Tahrir yang mempunyai 106 halaman dan didalamnya terkandung definisi (al-ta’rif) dari Hizbut Tahrir yang di sebutkan seperti berikut :

حزب التحرير هو حزب سياسي مبدؤه الإسلام فالسياسة عمله والإسلام مبدؤه وهو يعمل بين الأمة ومعها لتتخذ  الإسلام قضية لها وليقودها لإعادة الخلافة والحكم بما أنزل الله إلى الوجود وحزب التحرير هو تكتل سياسي وليس  5 تكتلا روحيا ولا تكتلا علميا ولا تعليميا ولا تكتلا خيريا

“Hizbut Tahrir adalah partai politik, ideologinya Islam, maka politik adalah aktivitasnya sedangkan Islam adalah ideologinya. Hizbut Tahrir selalu beraktivitas di antara umat dan bersamanya untuk menjadikan Islam sebagai petunjuk baginya dan agar menjadi penuntunnya untuk mengembalikan al-khilafah dan memutus dengan apa yang diiturunkan Allah kepada wujud. Dan Hizbut Tahrir adalah perhimpunan (organisasi) yang bersifat politik, bukan organisasi kerohanian, bukan organisasi ilmiah, bukan organisasi pendidikan dan bukan pula organisasi sosial.”

Kemudian, jika Hizbut Tahrir itu merupakan sebuah partai politik, apa saja yang menjadi aktivitas atau kegiatan Hizbut Tahrir keseluruhannya adalah aktivitas politik dengan penjelasan sebagai berikut,

فعمل الحزب  كله عمل سياسي سواء أكان خارج الحكم أم كان في الحكم وليس عمله تعليميا فهو ليس مدرسة كما أن عمله ليس وعظا و إرشادا بل عمله سياسي تعطى فيه أفكار الإسلام وأحكامه ليعمل بها ولتحمل لإيجادها في واقع  الحياة والدولة

“Maka aktivias Hizbut Tahrir semuanya adalah aktivitas politik, baik aktivitas itu di luar hukum atau di dalam hukum. Aktivitasnya bukan bersifat pendidikan, sehingga ia bukanlah madrasah, sebagaimana bahwa aktivitasnya bukanlah memberikan petuah dan bimbingan, namun aktivitasnya bersifat politik yang di dalamnya diberikan gagasan-gagasan Islam dan hukum-hukumnya agar diamalkan dan diwujudkan dalam kehidupan nyata dan negara (daulah islamiyah).”

Mari kita tarik kedalam negeri, kalau hizbut tahrir merupakan partai politik. Kemudian, apakah HTI merupakan kepanjangan atau cabang atau apalah itu yang mempunyai relasi dengan Hizbut Tahrir? Dari website resmi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)–yang merupakan bagian Hizbut Tahrir (HT)–juga menyatakan bahwa Hizbut Tahrir adalah sebuah partai politik yang beridiologi Islam, bukan organisasi kerohanian, bukan lembaga ilmiah, bukan lembaga pendidikan dan bukan pula lembaga sosial yang bermaksud membangun kembali Daulah Khilafah Islamiyah di muka bumi.

Dalam buku berbahasa Inggris,The Method to Re-Estasblish the Khilafah and Resume the Islamic Way of Life, yang dirilis oleh Hizbut Britain dinyatakan bahwa Hizbut Tahrir sebagai partai dimaksudkan untuk bekerja ke arah pembentukan pemerintah, menerapkan Islam secara komprehensif dan membawa pesannya ke seluruh dunia.

Pada akhirnya KH. Ahmad Ishomuddin membuat kesimpulan dari berbagai kutipan di atas bahwa HTI adalah partai politik yang merupakan bagian dari Hizbut Tahrir yang juga partai politik, bahkan satu-satunya partai politik Islam di dunia Internasional.

Selanjutnya, HTI yang di Indonesia belakangan ini kita kenal sebagai ormas dan pada websitenya mereka mengaku sebagai partai? Jadi, seperti apa gerakan HTI sebenarnya? Tunggu ulasan selanjutnya….

Baca Juga : Penyimpangan Makna Khalifah oleh HTI

Semoga Bermanfaat

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Penyimpangan Makna Khalifah oleh HTI | Pena Islami5 months ago

    […] Baca Juga : HTI, Ormas atau Partai Politik […]

    Reply

Leave a Reply